Kamis, 09 Agustus 2012

Wisata alam Air Tiga Rasa di Rejenu



      Objek wisata Rejenu terdapat di desa Japan sebelah utara namun penduduk menyebut kawasan ini dengan nama Rejenu. Lokasi ini berada di ketinggian sekitar 1150 meter dpl terletak di pegunungan Argo Jembangan sekitar 3 km dari Pesanggrahan Colo. Bagi yang suka bertualang bisa saja ditempuh dari air terjun monthel naik menyusuri  jalan setapak dihutan. Jalannya agak licin tapi ini merupakan keasyikan tersendiri. Namun bagi anda  yang tidak ingin repot  tersedia jasa ojek melalui route desa Japan dengan tarif yang terjangkau. Cukup 10 menit  anda akan sampai lokasi karena jalannya sudah dipelebar dan dilapisi beton.
        
       Setelah sampai di lokasi kita akan melalui gapura pintu masuk mirip candi yang tersusun dari batu bata merah. Di lokasi ini   anda bisa mencoba merasakan kesegaran air pegunungan yang keluar dari  tiga buah mata air . Konon, awalnya terdapat empat sumber mata air, namun untuk menghindari pengunjung melakukan ritual yang menyimpang dari ajaran Islam, salah satu sumber ditutup karena air tersebut dipercaya bisa mendatangkan berkah. Meskipun berdekatan  namun rasa dari 3 mata air tersebut berbeda-beda.Menurut mitos penduduk  jika minum dari sumber air pertama yang rasanya tawar-tawar  masam dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Jika minum dari sumber mata air kedua yang ditengah rasanya mirip minuman ringan bersoda dipercaya dapat menenangkan jiwa dan menumbuhkan rasa percaya diri dalam menghadapi  persoalan hidup. Sedangkan sumber mata air yang ketiga tingkat keasamannya lebih tinggi  bahkan mirip minuman keras sejenis tuak, air ini  dipercaya berkhasiat untuk memperancar  rizki. Kalo ingin membawa pulang kita bisa membeli botol bekas air minum dari pedagang dilokasi tersebut.

       Di dekat lokasi air tiga rasa tersebut kita bisa menjumpai makam Syech Hasan Sadzali. Beliau adalah salah seorang ulama dari Timur Tengah yang menyebarkan ajaran Islam di wilayah Jawa. Makam  ini juga banyak diziarahi orang terutama malam Jum’at dan Minggu serta hari besar Islam, bahkan ada pengunjung yang bermalam disini biasanya mereka ingin menyepi dan mencari ketenangan bathin.
Konon Syech Hasan Sadzali pernah menghadap Sunan Muria, oleh beliau disarankan agar   menuju ke sebelah utara lereng Muria, tepatnya didaerah Rejenu. Kehadiran Syech Hasan Sadzali menarik minat banyak santri untuk menuntut ilmu. Karena jumlah santri terus bertambah Syech Hasan Sadzali beserta penduduk sekitar berinisiatif membangun mushola. Dibawah mushola itulah terdapat air tiga rasa yang dulunya dijadikan tempat mengambil air wudhu . Istilah air tiga rasa sebenarnya darang dari para musyafir yang mampir ke tempat ini dan meminum  air dari ketiga sumber mata air tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar